PPDB 2026/2027

Terima kasih atas minat Anda untuk bergabung dengan komunitas kami di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang.

Pastikan Anda mengikuti setiap langkah dan tenggat waktu yang telah ditetapkan untuk memastikan pendaftaran siswa baru berjalan lancar. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Bu Fina melalui nomor WhatsApp: 082136584610.

Jalur PPDB

SD Muhammadiyah 4 membuka tiga jalur PPDB, yaitu: Reguler, Tahfidz, dan Beasiswa Kurang Mampu.

Jalur reguler memungkinkan calon siswa untuk mengikuti proses pemetaan umum, sementara jalur Tahfidz memberikan peluang kepada siswa yang memiliki kemampuan tahfidz Al-Qur’an yang istimewa. Jalur beasiswa kurang mampu membuka kesempatan bagi calon siswa di wilayah Sudimoro dan tasik Madu yang memiliki potensi akademik namun menghadapi keterbatasan ekonomi.

Persyaratan

Usia:

  1. Calon siswa berusia minimal 6 tahun pada tanggal 1 juli 2026.

Dokumen Pendaftaran:

  1. Foto berwarna ukuran 3×4.
  2. Fotokopi Akta Kelahiran (FC Akta Kelahiran).
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (FC Kartu Keluarga).
  4. Fotokopi piagam/sertifikat prestasi (jika ada).

Kami dengan senang hati menerima calon siswa berkebutuhan khusus dengan persyaratan tambahan sebagai berikut:

  1. Melampirkan bukti tes/rekomendasi dari psikolog profesional.
  2. Harap diperhatikan bahwa SD Muhammadiyah 4 tidak menyediakan layanan shadow, sehingga calon Wali Murid wajib menyiapkan layanan shadow secara mandiri.

Berikut persyaratan tambahan beasiswa Tahfidz dan Afirmasi

Beasiswa Tahfidz:

  1. Hafidz Al Quran minimal Juz ke-30
  2. Akan diadakan uji kompetensi tambahan bagi siswa yang memilih jalur tahfidz. Uji kompetensi ini merupakan point utama penerimaaan. 
  3. Calon wali murid yang menerima beasiswa Tahfidz akan diminta untuk menandatangani surat pernyataan komitmen dari sekolah untuk menjaga hafalan Al-Qur’an dan berpartisipasi aktif dalam program Tahfidz.
  4. Apabila siswa gagal menjaga hafalan Al-Qur’an atau tidak memenuhi komitmen dalam program Tahfidz, biaya SPP bulanan akan dikenakan biaya normal.

Catatan: Kami memiliki kuota terbatas bagi beasiswa tahfidz. Bebas biaya masuk + bebas biaya SPP bulanan.

Beasiswa Afirmasi:

  1. Beasiswa Afirmasi berlaku bagi siswa dari lingkungan Sudimoro dan Tasikmadu.
  2. Melampirkan dokumen-dokumen pendukung mengenai kondisi ekonomi keluarga seperti KIP/ KKS /Surat Keterangan Tidak Mampu dari dinas sosial setempat
Biaya Pendaftaran

Biaya formulir pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- dapat dibayarkan secara langsung di kantor Tata Usaha Kampus 2 atau melalui no Rekening Bank Jatim Syariah: 6142059235 a.n. Siti Masitoh.

3901082228016166
88810082228016166
8810082228016166
89508082228016166
Jadwal PPDB

GELOMBANG INDEN

Pendaftaran: 1 Januari – 31 Januari 2025

Pemetaan/Observasi: Minggu ke-3 Februari 2025

Pengumuman: Minggu ke-1 Maret 2025

Daftar Ulang: 1 Maret – 7 April 2025

GELOMBANG REGULER

Pendaftaran: 1 Februari – 31 Mei 2025

Pemetaan/Observasi: Minggu ke-3 Juni 2025

Pengumuman: Minggu ke-1 Juli 2025

Daftar Ulang: 1 Juli – 31 Juli 2025

Biaya Daftar Ulang

Dana Pengembangan Pendidikan (DPP): Rp. 6.000.000,- *)

Seragam Sekolah: Rp. 2.100.000,-

SPP Bulan Juli: Rp. 400.000,-

TOTAL: Rp. 8.500.000,-

 

*) Pendaftar di Bulan Januari 2025 akan mendapatkan subsidi DPP sebesar 10%, sehingga hanya membayar Rp. 7.900.000,-

GELOMBANG REGULER 

Dana Pengembangan Pendidikan (DPP): Rp. 4.500.000,- *)

Seragam Sekolah: Rp. 1.950.000,-

SPP Bulan Juli: Rp. 350.000,-

TOTAL: Rp. 6.350.000,-

*) Khusus Pendaftar Bulan September 2024 mendapatkan diskon 10%

GELOMBANG PEMENUHAN KUOTA

Dana Pengembangan Pendidikan (DPP): Rp. 4.500.000,-

Seragam Sekolah: Rp. 1.950.000,-

SPP Bulan Juli: Rp. 350.000,-

TOTAL: Rp. 6.800.000,-

Timeline
1 Januari- 31 Januari 2025

Pendaftaran

Alur Online

  • Biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- dapat ditransfer melalui Rekening Bank Jatim Syariah: 6142059235 a.n. Siti Masitoh.
  • Mengisi biodata pada GForm dan mengupload bukti/screenshoot pembayaran formulir, foto berwarna 3×4, KK, dan Akta kelahiran calon siswa.

Alur Offline

  • Calon wali murid dapat mengambil formulir pendaftaran di kantor Tata Usaha Kampus 2.
  • Biaya formulir pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dapat langsung  dibayarkan di kantor tata usaha
  • Calon wali murid diharapkan mengembalikan formulir pendaftaran yang telah diisi ke kantor tata usaha paling lambat pada 30 Oktober 2023.
1 Januari- 31 Januari 2025
Minggu ke-1 Februari 2025

Verifikasi Dokumen

  • Tim PPDB akan melakukan pemeriksaan dan verifikasi terhadap dokumen yang telah diserahkan.
  • Calon wali murid akan diundang ke dalam grup WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.
Minggu ke-1 Februari 2025
Minggu ke-3 Februari 2025

Pemetaan Peserta Didik

  • Pemetaan akan dilaksanakan pada minggu ke-1 bulan Maret 2025 di kampus 2. Info selengkapnya akan dibagikan di grup WhatsApp calon wali murid.
  • Data dari ujian akan digunakan untuk melakukan asesmen terhadap siswa baru.
Minggu ke-3 Februari 2025
Minggu ke-1 Maret 2025

Pengumuman

Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan melalui pesan WhatsApp dan diunggah pada website resmi sekolah.

Minggu ke-1 Maret 2025
1 Maret – 7 April 2025

Daftar Ulang

  • Mengisi surat pernyataan kesediaan penerimaan.
  • Membayar 50% (DPP, seragam, dan SPP).  Pelunasan diberi batas waktu hingga 31 Juli 2025.
  • Pembayaran dapat dilakukan di kantor Tata Usaha Kampus 2.
1 Maret – 7 April 2025

Pastikan Anda mengikuti setiap langkah dan tenggat waktu yang telah ditetapkan untuk memastikan pendaftaran siswa baru berjalan lancar. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Bu Fina melalui nomor WhatsApp: 082136584610.