Pengenalan & Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana

Bertepatan dengan Hari Jadi Pramuka ke-60 yang jatuh pada Sabtu, 14 Agustus 2021, SD Muhammadiyah 4 Kota Malang menggelar kegiatan Webinar dengan tema Pengenalan & Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Kegiatan ini dihadiri oleh Pengawas Sekolah, fasilitator BPBD Kota Malang, ketua MDMC Kota Malang, Ketua Maharesigana, Ketua RW 07 Mojolangu, Ketua RT Puskopad Tasik Madu, Ketua Komite, perwakilan Wali Murid, Pengajar, serta Tenaga Terdidik SD Muhammadiyah 4 Kota Malang.

Sebanyak 80 Peserta dari berbagai elemen mengikuti pemaparan SPAB

Pengawas SD Gugus 6 & 7 Lowokwaru, Jupri M.Pd mengapresiasi kegiatan positif yang dapat terlaksana meski pada kondisi pandemi seperti ini. Menurutnya, letak geografis Indonesia yang berada di jalur cincin api dan 4 lempeng aktif menjadikan negara ini rawan dengan bencana alam. “Bencana alam dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan dapat menimpa siapa saja. Anak-anak merupakan salah satu kelompok paling rentan pada saat terjadi bencana.” Ungkapnya. “Pemerintah sendiri telah menyusun roadmap pengurangan resiko bencana, salah satunya melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program SPAB.” Ucap Jupri menambahkan.

Sambutan oleh Jupri, M.Pd selaku pengawas sekolah

Hana Ayudah, M.Pd selaku kepala sekolah mendukung penuh kegiatan SPAB melalui kebijakan sekolah yang tertuang dalam 3 pilar sekolah aman, yaitu: fasilitas sekolah yang aman, manajemen resiko bencana di sekolah, dan pendidikan pengurangan resiko bencana. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa fokus utama sekolah adalah keselamatan Peserta Didik & seluruh warga sekolah. “Lingkungan yang sehat, nyaman dan aman akan meningkatkan prestasi belajar anak untuk mengejar mimpi dan asa mereka.” Ujarnya.

Hana Ayudah menjabarkan kebijakan sekolah tentang sekolah aman bencana

Materi kebijakan sekolah terkait penerapan SPAB:

 

Materi kebijakan sekolah oleh Kepala Sekolah:

Acara utama diisi oleh Endi Suhadi. Dalam materinya beliau berpesan agar program ini konsisten berjalan sehingga SD muhammadiyah 4 mampu memberikan rasa aman bagi warga sekolahnya. “Kerjasama yang solid di tingkat internal sekolah hingga komunikasi yang baik kepada organisasi perangkat daerah yang berhubungan dengan SPAB akan mempercepat SD Muhammadiyah 4 menjadi sekolah aman bencana di tingkat nasional.” Ucap Endi yang juga selaku Fasilitator SPAB Daerah Provinsi Jawa Timur. 

Materi penerapan SPAB oleh Endi Suhadi selaku Fasilitator SPAB:

`

Dengan terselenggaranya sosialisasi ini, diharapkan seluruh keluarga besar SD Muhammadiya 4 Kota Malang dapat lebih siap dalam menghadapi bencana alam yang dapat tiba sewaktu-waktu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *